Meningkatkan Kualitas Serta  Mutu Peralatan Dalmas dan PHH Dalam Rangka pemilu 2024, Puslitbang Polri Melaksanakan Penelitian di Polres TTS

Meningkatkan Kualitas Serta  Mutu Peralatan Dalmas dan PHH Dalam Rangka pemilu 2024, Puslitbang Polri Melaksanakan Penelitian di Polres TTS

Tribratanewstts.com- Polri merupakan bagian dari fungsi pemerintahan negara di bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Dalam rangka menjalankan fungsi tersebut, Polri harus selalu mendukung agenda pembangunan nasional termasuk pemilihan umum dan Pilkada serentak di Indonesia. Pemilihan umum di Indonesia ini merupakan   salah satu upaya mewujudkan negara demokrasi yang harus dapat dilaksanakan dengan baik agar tercipta nya pemilihan umum yang profesional dan memiliki kredibilitas yang dapat dipertanggung jawabkan.  

Dengan akan diadakannya pemilu pada tahun 2024, untuk mengantisipasi agar semua keadaan dapat terkendali dengan baik dan kondusif maka dengan tetap mengedepankan pada pola pelayanan berbasis HAM dan mengutamakan strategi preemtif dan preventif, maka kesiapan peralatan Dalmas dan PHH perlu mendapatkan perhatian. Hal ini dapat dilihat dari berbagai kasus yang  terjadi di lapangan saat mengantisipasi aksi unjuk rasa yang bersifat anarkis, masih ditemukan adanya kondisi peralatan Dalmas dan PHH Polri pada saat digunakan tidak berfungsi secara optimal (malfungsi),  seperti  kaca helm PHH pecah ketika terkena benda keras, dan lain lain.

Pentingnya Kualitas dan mutu peralatan Dalmas dan PHH Polri sehingga berfungsi secara Optimal, Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri melaksanakan penelitian peralatan Dalmas dan PHH di Polres TTS, Selasa (19/07/22).

Tim yang dipimpin langsung oleh Kombes Pol. Syahrial M. Said. SIK. dengan anggota AKBP Haryono, ST., Pembina TK I Ahmad Munif, S.H, M.Si., Penata Yuli Pertiwi, S.E., M.M dan pendamping dari  Biro rena Polda NTT.

Kedatangan tim diterima langsung oleh Waka Polres TTS Kompol Gede Arya Bawa, S. Sos, M.H dan PJU Polres TTS serta sejumlah Personil Polres TTS.

Dalam sambutannya, Waka Polres TTS menyampaikan selamat datang kepada ketua tim dan anggota, ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Polres TTS semoga dengan kegiatan ini, Peralatan  Polri kedepan semakin baik, baik secara Kuantitas dan Kualitas dan Polres TTS demi mendukung Pemilu 2024 yang aman  dan kondusif.

Sementara itu  Kombes Pol. Syahrial M. Said. SIK selaku ketua tim  dalam sambutannya menjelaskan bahwa  jika kebutuhan peralatan Dalmas dan PHH baik untuk perorangan maupun kesatuan masih kurang memadai, baik dari kuantitas maupun  kualitas maka akan berpengaruh pada kesiapan Polri dalam melakukan pengamanan Pemilu pada  tahun 2024 nanti.

“ Untuk itu maka Puslitbang Polri memandang penting melakukan  penelitian tentang Evaluasi Peralatan Dalmas dan PHH Polri Dalam Rangka Persiapan Pengamanan Pemilu  2024. Dari penelitian ini diharakan diperoleh kondisi riil peralatan Dalmas dan PHH saat ini sehingga Polri dapat melakukan langkah-langkah  perbaikan dan peningkatan kelayakan mutu peralatan Dalmas dan PHH dalam rangka kesiapan pengamanan pemilu serentak  yang   waktunya  kurang dari dua tahun”, ungkapnya.

“ Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu secara kuantitatif dan kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui; pengisian                 kuesioner secara online, pengecekan peralatan Dalmas / PHH dan wawancara mendalam (indepth interview) kepada para informan. Hal ini baik  dilakukan di Polda Nusa Tenggara Timur  (NTT) dan jajaran, maupun  sepuluh Polda  lainnya yang menjadi sampel penelitian dan  untuk Polda NTT, Polres TTS sebagai salah satu Polres yang kami datangi untuk melaksnakan kegiatan penelitian , oleh karena itu kami harapkan pada saat pengisian kuesioner, diisi sesuai kondisi riil yang ada sehingga  menjadi bahan evaluasi kedepan terkait peningkatan kualitas dan mutu peralatah Dalmas dan PHH.

Saat dilangsir setelah arahan dilaksanakan pengisian kuesioner dan pengecekan secara langsung peralatan  Dalmas dan PHH Polres TTS sebagai bahan evaluasi.