Upacara Memperingati HUT TNI ke-78 Dimakodim 1621/TTS , Kapolres TTS Bersama Jajaran Turut Hadir

Upacara Memperingati HUT TNI ke-78 Dimakodim 1621/TTS , Kapolres TTS Bersama Jajaran Turut Hadir

Tribratanewstts.com-  Kapolres Timor Tengah Selatan AKBP I Gusti Putu Suka Arsa, S.I.K., M.H beserta Jajaran Baik PJU Polres TTS dan  personil Polres TTS menghadiri Upacara memperingati HUT TNI ke-78 Dimakodim 1621/TTS,  Kamis (05/10/23).

Upacara yang dipimpin langsung oleh Dandim 1621/TTS Letkol Inf. Sobirin.S.Ag.M.Si dan turut hari para tamu undangan dari unsur Forkopimda, BUMN, para Purnawiran TNI-Polri, pelajar SMA serta Tamu undangan lainnya.

Dalam amanat Panglima TNI yang di bacakan oleh Dandim 1621/TTS , Panglima  menyampaikan bahwa Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI pada tahun 2023 ini, mengusung tema "TNI PATRIOT NKRI, PENGAWAL DEMOKRASI UNTUK INDONESIA MAJU", yang mengandung makna  bahwa,  kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

“Terlepas dari kepercayaan masyarakat dan prestasi yang telah kita raih, TNI tidak boleh terlena karena beragam tantangan yang sedang dan akan kita hadapi tidaklah ringan. Setelah Pandemi Covid-19 mereda, dunia saat ini sedang berusaha memulihkan diri dari krisis pangan, krisis energi dan krisis finansial. Situasi geopolitik dan ekonomi juga dipenuhi dengan ketidakpastian akibat konflik dan krisis di berbagai belahan dunia”, urainya.

“Kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan. Untuk menyikapi kondisi tersebut, para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa. TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk”, jelasnya .

Menutup amanatnya, panglima TNI menyampaikan beberapa  poin penekanan kepada   anggota TNI yakni:

1. tingkatkan terus keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, sebagai landasan mental pada setiap  pelaksanaan tugas.

2. pegang teguh amanat Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta jaga terus kemanunggalan dan kepercayaan rakyat kepada TNI,

3. Laksanakan komitmen netralitas TNI. Ikuti peraturan, pedoman, dan perintah yang telah diberikan terkait cara bersikap dan bertindak dalam tahapan pesta demokrasi lima tahunan ini,

4. Jalin komunikasi, kerjasama dan sinergitas dengan POLRI, kementerian/lembaga dan komponen bangsa yang lainnya demi tercapainya stabilitas keamanan nasional yang aman, damai dan sejuk,

5. Jaga nama baik TNI dimanapun berada, selalu ingat bahwa tindakan sekecil apapun akan berdampak pada institusi TNI secara umum.

Dari pantauan media, setelah upacara dilanjutkan  dengan acara syukuran diaula Makodim 1621/TTS. Sykuran yang ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Dandim 1621/TTS.