Bentuk Kerja sama, Dukcapil Pemda TTS Datangi Polres TTS Layani IKD

Bentuk Kerja sama, Dukcapil Pemda TTS Datangi Polres TTS Layani IKD

Tribratanewstts.com-Sebagai bentuk  kerjasama yang telah terbangun, Dukcapil  Pemda Timor  Tengah Selatan (TTS)  melaksanakan kegiatan pelayanan administrasi kependudukan dalam bentuk pelayanan Identitas Kependudukan Digital ( IKD)

IKD  ini merupakan administrasi kependudukan yang bersifat digital dimana dalam IKD ini sudah terdapat  Kartu keluarga, kartu tanda penduduk serta administrasi lainnya  yang meyangkut administrasi kependudukan demikian penjelasan Kadis Dukcapil Pemda TTS Apris manafe dalam keterangannya kepada Tribratanewstts.

“ Untuk mendapatkan aplikasi ini, si pengguna wajib memiliki smartphone, sudah memiliki e-KTP atau sudah melakukan perekaman e-KTP. Namun bagi yang tidak punya smartphone masih tetap menggunakan e-KTP seperti biasa”, ungkapnya.

Penerapan IKD ini dilakukan guna mengikuti penerapan teknologi informasi dan komunikasi mengenai digitalisasi kependudukan, serta meningkatkan pemanfaatan digitalisasi kependudukan bagi penduduk dan sangat memudahkan sebagi contoh apabila bepergian kemana-mana KTP dan kartu keluarga tidak perlu di bawa bisa langsung di tunjukan melalui aplikasi ini.

Selain itu juga untuk transaksi pelayanan publik atau privat dalam bentuk digital, serta mengamankan kepemilikan identitas kependudukan digital melalui sistem autentikasi guna mencegah pemalsuan dan kebocoran data. Jadi intinya aplikasi ini akan mempermudah kita untuk melakukan pelayanan publik," demikian disampaikan Kadis Dukcapil.

Sementara itu, Kapolres TTS melalui kabag Sumda Polres TTS menyampikan bahwa, berterima kasih kepada pihak dukcapil yang dipimpin langsung oleh Kadisnya datng ke Polres TTS, ini merupakan bentuk kerjasama yang sangat baik sekali dan ini akan terus ditingkatkan.

“  Kegiatan ini sangat penting sekali dan sudah diperintahkan oleh pimpinan kami agar semua personil wajib menggunakan aplikasi ini karena sangat  dan memudahkan  sekali, terima keasih kepada Dukcapil Pemda TTS”, ungkapnya.