Terus Mengobarkan Semangat Bela Negara, Polres TTS  Gelar  Upacara  Peringatan Hari Bela Negara ke-75

Terus Mengobarkan Semangat Bela Negara, Polres TTS  Gelar  Upacara  Peringatan Hari Bela Negara ke-75
Terus Mengobarkan Semangat Bela Negara, Polres TTS  Gelar  Upacara  Peringatan Hari Bela Negara ke-75

Tribratanewstts.com- Kepolisian Resor Timor  Tengah Selatan (TTS), Selasa  ( 19/123/23) bertempat di lapangan apel mapolres TTS  di gelar Upacara  Peringatan Hari Bela Negara ke-75 yang dipimpin oleh Waka Polres TTS  Kompol Ibrahim , SH.

Pada  upacara tersebut , Waka Polres TTS membacakan amanat presiden Republik Indonesia, dalam amanatnya disampaikan ,” Rasa syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, pada tanggal 19 Desember 2023 ini, kita dapat memperingati Hari Bela Negara ke-75. Hari Bela Negara ini merupakan momentum bagi kita untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia Maju yang kita citacitakan.

tantangan ke depan semakin tidak terduga. kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan Negara”

“kita harus memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan seharihari. setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara.

“Pada peringatan Hari Bela Negara ke-75 tahun 2023 ini, saya mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat Bela Negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air”.

semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk, dan bimbingan dalam upaya kita untuk meraih indonesia maju, bersatu, berdaulat, mandiri, dan sejahtera. aamiin aamiin ya rabbal alamin”, tutup amanat presiden yang dibacakan oleh Waka Polres TTS.

Adapun thema hari Bela Negara tahun ini yakni “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”.

Dari pantauan hadir sebgai peserta upacara seluruh personil Polres TTS dan ASN Polres TTS.

Sementara itu ,  Melansir dari  Lemhanas RI, ditetapkannya tanggal 19 Desember karena pada tanggal tersebut terjadi sebuah peristiwa sejarah yang besar yaitu pembentukan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada tanggal 19 Desember 1948.

Meski sudah merdeka namun ketiadaan pemerintahan dimanfaatkan oleh pihak Belanda dalam Agresi Militer II. Kala itu, Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Moh. Hatta ditangkap sehingga terpaksa membentuk pemerintahan sementara bernama PDRI.

Agresi militer Belanda II tersebut memilikii tujuan untuk menguasai Ibu Kota Negara yang saat itu ada di Yogyakarta. Serangan mendadak tersebut segera disikapi oleh Presiden Soekarno yang memberi perintah kepada Menteri Kemakmuran Sjarfuddin Prawiranegara untuk membentuk PDRI.

Imbas terbentuknya PDRI membuat Belanda tidak bisa mengambil alih Indonesia. Hingga kemudian berakhir ketika perjanjian Roem-Royen yang disepakati oleh Belanda dan Indonesia dan disahkan pada 1 Juli 1949.

Guna mengenang sejarah perjuangan PDRI, pemerintah Republik Indonesia membangun Monumen Nasional Bela Negara di Jorong Sungai Siriah, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.