Dimulai Operasi keselamatan Ranakah -2021, Polres TTS Gelar Apel Gelar Pasukan

Dimulai Operasi keselamatan Ranakah -2021, Polres TTS Gelar Apel Gelar Pasukan

Tribratanewstts.com- Polres Timor Tengah Selatan (TTS), Senin (12/04/21)  menggelar apel gelar pasukan  dalam rangka Operasi Ranakan-2021 di lapangan apel Mapolres TTS.

Apel yang dipimpin oleh Kapolres TTS AKBP Andre LIbrian, S.I.K dan hadir PJU Polres TTS serta sebagai peserta apel seluru Personil POlres TTS.

Selaku pemimpin apel, kapolres TTS mebacakan amanat Kapolda  NTT.  Disampaikan dalam amanatnya, Kapolda NTT  menyampaikan  permasalahan di bidang lalu lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor   dan  populasi penduduk, yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

 “perkembangan transportasi juga telah memasuki era digital. di mana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman, cukup menggunakan handphone. modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja polri khususnya polantas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut. polisi lalu lintas terus berupaya melaksanakan program kapolri yang disebut Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan)”, tandasnya.

“salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas. dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas”.

“keselamatan dalam berlalu lintas memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting. hal itu dapat ditunjukkan dari political will pengguna lalu lintas. kesadaran pengguna lalu lintas, baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor, maupun pengguna jalan lainnya masih rendah”.

“operasi keselamatan ini merupakan jenis operasi harkamtibmas yang mengedepankan giat preemtif dan preventif disertai persuasif serta humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19”.

Dijelaskan “sasaran operasi ini meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat menghambat dan mengganggu kamseltibcar lantas serta penyebaran covid-19”.

Apel gelar pasukan ditandai dengan penyematan pita biru putih  di bahu sebelah kanan kepada perwakilan personil Polres TTS oleh kapolres TTS.

 Palaksanaan operasi ini kan digelar terhitung  dari tanggal  12 hingga 25 April 2020 dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas menjelang Idul Fitri 1442 H tahun 2021 di tengah pandemi corona virus disease-19 (covid-19)  serta  meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat  dalam berlalu lintas serta menurunnya angka pelanggaran  maupun kecelakaan