Pengunaan Tabung Gas Elpiji Yang Aman, Personil Polres TTS Dapat Sosialisasi 

Pengunaan Tabung Gas Elpiji Yang Aman, Personil Polres TTS Dapat Sosialisasi 

Tribratanewstt.com- Selepas Apel pagi Jumat (17/03/22) di lapangan apel Mapolres TTS, personil Polres Timor Tengah Selatan (TTS) mendapat sosialisasi penggunaan tabung elpiji yang aman serta cara  memadamkan kebakaran akibat gas elpiji.

 Aman dan nyamannya pengunaan tabung gas elpiji  berawal dari cara memasang tabung gas elpiji   serta perawatannya demikan penjelasan dari pak Agus  selaku pemateri.

Dijelaskan lebih lanjut, “ untu pemasangan tabung gas elpiji   yang benar mulai dari tahapan  sebagi berikut,  bila tabung gas elpiji masih baru maka dimulai dari mebuka segel plastik dikarenakan disegel plastik untuk menjaga kualitas gas di dalamnya dilanjutkan dengan karet atau rubber seal, Pasang regulator dengan benar, regulator harus dipasang tepat di atas lubang gas dengan posisi yang tegak lurus,tujuannya agar tidak terjadi kebocoran gas LPG saat proses pemasangan regulator, setelah memastikan sambungan terpasang dengan baik dan tidak ada kebocoran, lanjutkan dengan mengunci regulator menggunakan tuas kunci, jika pemasangan gas sudah selesai ,pastikan  dan mengecek kembali apakah ada kebocoran gas atau tidak setelah regulator terpasang caranya yaitu dengan mencium apakah ada aroma gas yang menyengat atau bunyi desis pada tabung gas LPG langkah berikut nyalakan kompor , Jika api menyala maka kompor gas sudah bisa digunakan, jika tidak menyala maka kamu bisa mengulangi proses pemasangannya.

Disampaikan juga bahwa, kompor gas LPG yang terbakar saat memasak adalah hal yang tak kita inginkan. Selain membahayakan rumah kita, tentu saja kejadian itu membuat seseorang panik dan takut. Namun, sebagai langkah menanggulanginya, kita harus tahu cara untuk mengatasi kebakaran akibat gas LPG.

 “Cara agar dapur aman dari kebakaran, maka ada  beberapa cara untuk memadamkan dan mengatasi kebakaran akibat gas LPG yakni Selalu siapkan alat pemadam kebakaran
Sebagai langkah pencegahan yang berikut bila terjadi kebakaran sumbar dari Gas Elpiji  langkah yang perlu dilakukan matikan kompor, lepaskan selang dari kompor, Cabut regulator dari tabung gas, Jangan sekali-kali menyiram air ke atas kompor yang terbakar”, jelasnya.

Tak perlu panik apabila mengalami masalah kebakaran kompor LPG, cukup lakukan langkah-langkah di atas dengan baik. Karena, sebenarnya bahaya yang terbesar adalah kepanikan kita sendiri, sehingga membuat kita salah langkah untuk mengatasinya. Selain itu, yang paling penting adalah selalu siapkan kotak P3K di dapur, karena kita tak tahu risiko apa yang terjadi”, tutupnya’.

Sementara itu Kapolres TTS melalui Kabag  Sumda Polres TTS  bahwa AKP Frids Mada, SH bahwa kegiatan ini sosialisasi ini sangat bermanfaat seklai bagi kami Polres TTS karena dapat mencegah terjadi bahaya akibat salah dalam penggunaan tabung  gas elpiji.