Cegah  Kebakaran Hutan, Polres TTS Melaksanakan Operasi Bina Karuna

Cegah  Kebakaran Hutan, Polres TTS Melaksanakan Operasi Bina Karuna

Tribratanewstts.com- kebakaran hutan dan lahan atau karhutla   adalah suatu peristiwa terbakarnya hutan atau lahan baik secara alami maupun oleh perbuatan manusia, sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan yang menimbulkan kerugian ekologi, ekonomi, sosial budaya dan politik.

Penting hal tersebut, Kepolisian Resor Timor Tengah Selatan (TTS) melaksanakan Operasi Bina Karuna yang bertujuan mencegah meminimalisir dan menanggulangi karhutlah.

Kapolres TTS melalui Kabag Ops Polres TTS AKP Zedra, SH Senin (28/08/23) saat ditemui menjelaskan bahwa operasi ini tujuan utamanya adalah mencegah meminimalisir dan menanggulangi karhutlah di wilayah kabupaten TTS.

Pelaksanaan operasi ini akan berlangsung selama 14 hari dan terhitung mulai hari ini dan akan dilaksanakan beberapa kegiatan demi mencegah serta meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan, "jelasnnya".

"Kami imbau kepada seluruh masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten TTS khususnya bagi warga pemilik lahan, para petani yang akan menggarap lahannya untuk ditanami maupun yang akan membuka lahan baru agar tidak membiasakan dengan cara dibakar lahannya karena dapat mengakibatkan terjadinya kebakaran , apalagi cuaca sekarang selain cuaca Panas  disertai juga angin kencang  tidak menutup kemungkinan api  dapat merambat dengan cepat yang kemudian menyebabkan kerugian bagi diri sendiri, orang lain bahkan terhadap ekosistem yang ada", imbaunya.

Mari sama-sama mencegah dan meminimalisir sehingga di kabupaten TTS terhindar dari kebakaran hutan dan lahan, "ajaknya".