Usai Shalat Jumat, Kapolda NTT Berikan Tali Asih di Masjid Besar Ar-Rabithah Ende Usai Shalat Jumat, Kapolda NTT Berikan Tali Asih di Masjid Besar Ar-Rabithah Ende

Usai Shalat Jumat, Kapolda NTT Berikan Tali Asih di Masjid Besar Ar-Rabithah Ende Usai Shalat Jumat, Kapolda NTT Berikan Tali Asih di Masjid Besar Ar-Rabithah Ende

Tribratanewsntts.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., melaksanakan ibadah shalat jumat di Masjid Besar Ar- Rabitah, di Jalan Ikan Paus, Kelurahan Kotaratu, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Jumat (19/11/2021).

Ikut mendampingi Kapolda NTT, Ka SPN Polda NTT Kombes Pol Nanang Putu Wardiyanto, S.St., M.K., dan Dirresnarkoba Polda NTT Kombes Pol Sigit Haryadi, S.I.K.

Mesjid Besar Ar- Rabitah Ende dibagun pada tahun 1930 dengan luas tanah 1.880 m2 dengan luas bangunan 2.000 m2 dengan status tanah Wakaf dan merupakan mesjid bersejarah.

Mesjid ini sering dijadikan tempat sholat oleh Bung Karno ketika menghabiskan masa pembuangannya di kota Ende.

Selain sebagai salah satu jejak Bung Karno, Masjid Ar-Rabithah juga diyakini oleh penduduk Ende sebagai jejak-jejak kerajaan Ende yang masih membekas selain rumah raja, dokumen kolonial dan cerita turun temurun.

Disamping berkesempatan melaksanakan ibadah shalat jumat di Masjid Besar Ar- Rabitah Ende, kehadiran Kapolda NTT juga sebagai wujud silaturahmi dengan Tokoh Agama Islam dan masyarakat Kabupaten Ende.

Pelaksanaan shalat jumat didahului dengan khotbah dimana selaku khotib yaitu Ustadz Anang Sofyan tersebut berlangsung dengan hikmat dan khusyuk. Terlihat dari barisan paling depan Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., sangat antusias mendengarkan ceramah.

Usai melaksanakan ibadah shalat jumat, Kapolda NTT bersilaturahmi dengan para jamaah lain dan khotib. Selanjutnya, Kapolda NTT menyerahkan Tali Asih berupa paket Polri peduli kepada Imam dan Takmir Masjid Besar Ar-Rabithah Ende H, Huhamad Naksir dan H, Daud, E, Ringu.

Imam Masjid Besar Ar-Rabithah Ende H, Huhamad Naksir menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Kapolda NTT.

"Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada bapak Kapolda NTT yang telah meluangkan waktu untuk berkunjung ke Ende. Hingga saat ini para tokoh agama selalu siap untuk bekerja sama dalam menjaga kamtibmas"ungkap H, Huhamad Naksir.

Sementara itu, Kapolda NTT juga menyampaikan ucapan terima kasih atas peran tokoh agama dalam menjaga kamtibmas.

"Kami ucapkan terima kasih atas peran tokoh agama dalam menjaga kamtibmas. Mari sama-sama kita menjaga dan pertahankan semangat persatuan dan kesatuan kita serta terus jaga kerukunan dan tolerasi antar umat beragama", ujar Kapolda NTT.

Terkait penanganan covid-19, Kapolda NTT mengatakan bahwa saat ini Polri bersama unsur terkait terus melakukan upaya pencegahan salah satunya dengan melakukan kegiatan  vaksinasi.

"Untuk itu dibutuhkan kerja sama dari semua pihak sehingga bisa berjalan dengan baik, dengan harapan masyarakat bisa divaksin agar terbentuk herd immunity sehingga bisa melawan virus Covid 19", tandasnya.