UNJUK RASA DAMAI, KABAG OPS POLRES TIMOR TENGAH SELATAN PIMPIN PENGAMANAN

UNJUK RASA DAMAI, KABAG OPS  POLRES TIMOR TENGAH SELATAN  PIMPIN PENGAMANAN
Tribratanews.com- Kabag Ops Polres Timor Tengah Selatan  AKP AHMAD, memimpin langsung  pengamanan dan pengawalan unjuk rasa damai yang bertempat di kantor Bupati Kab Timor Tengah Selatan dan di Kantor DPRD Kab. Timor Tengah Selatan , Selasa ( 03 - 02 - 2015 ) pukul 11.40 wita. Unjuk rasa damai yang tergabung dalam Forum Masyarakat Bersatu ( FMB ) terdiri dari  Karyawan PT   Soe Makmur Resourse ( SMR ) Tokoh Adat , tokoh Masyarakat, tokoh Agama,  Pemilik Lahan tambang yang berda dalam wilayah IUP PT SMR dan pekerja Tambang batu mangan. Pengunjuk rasa bergerak dari titik kumpul  PT SMR desa Supul Kec Kuatnana Kab TTS   dengan Pengawalan dari pihak Polres TTS  yang datang  sekitar 200 orang dengan menggunakan 15 Sepeda Motor, 12 kendaraan beroda empat yakni 7 kendaraan  pick up, 4 mickrolet  ( angkot / bemo ), 1 mobil  rush, massa tiba  di depan kantor Bupati Kab TTS pukul 11.40 wita. P_20160202_125244 Massa yang dipimpin oleh  Sdra. MEKY MALELAK setelah   tiba di depan kantor Bupati kab.  TTS  tidak berorasi namun menunjuk 10 Orang  sebagai perwakilan untuk menghadap Bupati kab TTS yang dikawal ketat oleh anggota Kepolisian Resor  TTS setelah berada di dalam kantor bupati massa tidak dapat bertemu dengan Bupati Kab TTS dikarenakan Bupati Kab TTS sedang tidak berada di tempat, maka Perwakilan pengunjuk rasa diterima oleh asisten I Pemerintahan Umum Kab TTS Drs. FRANS M. OEMATAN diruang rapat Pemda TTS pada kesempatan tersebut para pengunjuk rasa menyampaikan  aspirasinya kepada Asisten I yang kemudian aspirasi tersebut dilanjudkan ke Bupati Kab TTS oleh Asisten I. Pada pukul 12.30 wita dilanjudkan  dengan   perwakilan massa yang berjumlah 10 orang tersebut  dikawal oleh Kabag Ops Polres TTS beserta Anggota Polres TTS  menuju ke Kantor DPRD Kab TTS untuk menemui Anggota DPRD Kab. TTS yang kemudian perwakilan massa pengunjuk rasa diterima oleh Wakil Ketua II DPRD Kab TTS Alexander Kase serta hadir pula anggota DPRD Kab. TTS diantaranya  Ketua Komisi I  DPRD Kab. TTS Nikodemus Solle, Ketua Komisi III DPRD Kab. TTS, Ketua Komisi III DPRD Kab. TTS David Boimau, Bapak Sefrit Nau,  Bapak Roy Babys  dan Bapak Sefrit Pah Setelah pertemuan  dengan anggota DPRD kab. TTS sekitar 3 jam tersebut massapun kembali ke Desa Supul, Kec. Kuatnana, Kab. TTS yang dikawal Oleh Anggota Sat Lantas Polres TTS. Pengaman unjuk rasa yang dipimpin oleh AKP AHMAD  berjalan aman, tertib dan lancar. hal-hal yang disampaikan  oleh para pengunjuk rasa diantaranya:
  1. Menolak interfensi / campur tangan pendeta terkait tambang mangan yang dikelola oleh PT SMR.
  2. Kehadiran PT SMR mengangkat perekonomian Masyarakat dan juga membangun akses jalan  yang terdapat  dalam wilayah IUP PT SMR.
  3. Para pengunjuk rasa tanggal 27 Januari 2016 di Lokasi Tambang PT SMR bukanlah pemilik lahan dalam  diwilayah IUP PT SMR.
Unjuk rasa yang dipimpin oleh Sdra . Meky Malelak merupakan unjuk rasa tandingan terhadap pengunjuk rasa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat NTT  Tolak Tambang terdiri dari Partai Rakyat Demokratik ( PRD), Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi ( LMND, Fron Masiswa Nasinal (FMN), Perhimpunan Mahasiswa Khatolik Indonesia ( PMKRI ), Perhimpunan Mahasiswa Toiansa ( PERMATOS), WALHI, Ikatan Mahasiswa Amanatun ( IMAN), Tokoh Agama, Tokoh Pemuda desa Supul Kec. Kuatnana, Kab. TTS  tanggal 27 januari 2016 yang menolak PT SMR melakukan penambangan mangan.