Tim STIK Lemdiklat Polri Lakukan Penelitian Pemanfaaan Media Sosial di Polres TTS

Tim STIK Lemdiklat Polri Lakukan Penelitian Pemanfaaan Media Sosial di Polres TTS

Tribratanewstts.com- Polres Timor Tengah Selatan (TTS),  Rabu ( 15/11/23) menerima tim dari Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)  Lemdiklat Polri yang dipimpin oleh  Kabagpolmas Bid PPITK STIK Lemdiklat Polri KOMBES POL Dicky Sondani, S.I.K., M.H selaku ketua tim.

Tim yang disambut langsung oleh Kapolres TTS I Gusti Putu Suka Arsa, S.I.K., M.H  didampingi oleh Seluruh PJU Polres TTS di Aula  Tribrata Plres TTS.

 Kegiatan dari tim PTIK dalam rangka penelitian dan supervisi tentang pemanfaatan media sosial sebagai Sarana Penguatan Partisipasi Publik di Ruang Siber pada Era Masyarakat 5.0 guna Pemantapan Pemeliharaan Kamtibmas.

Dalam sambutannya,  di aula tribrata Polres TTS yang dihadiri juga oleh personil Polres TTS, perwakilan tokoh adat, toko agama, perwakilan pemerintah desa  dan tokoh pemuda , Kapolres menyampaikan ucapan selamat datang kepada ketua tim dan anggota yang berkenan hadir dan datang di Polres TTS, “ saya atas nama seluruh anggota Polres TTS dan tamu undanagan mengucapkan selatan datang kepada ketua tim dan anggota ini merupakan  suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami”, ucap Kapolres TTS.

 Lebih lanjut disampaikan kapolres TTS bahwa kabupten TTS ini merupakan  salah wilayah terluas  di Propinsi  NTT dengan   14 Polsek membawahi 32 Kecamatan namun tidak menjadi kendala bagi kami untuk  menjalankan tugas dengan mmeberikan pelayanan  Polri kepada masyarakat, menyinggung tentang pelanggunaan media sosial, diwilayah TTS masih terdapat kekurangan dikarenakan wilayah yang begitu luas dengan kondisi perbukitan  dan jaringan internet yang sementara  belum  menyentuh hingga ke pelosok”, terangnya.

“ Dengan kondisi yang  ada demi kelancaran dan bagaimana penggunaan  dan  pemanfaatan media sosial sebagai Sarana Penguatan Partisipasi Publik di Ruang Siber pada Era Masyarakat 5.0 guna Pemantapan Pemeliharaan Kamtibmas, kami mohon petunjuk dan arahan bagi kami sehingga dapat berjalan dengan baik”, harapnya”.

Sementara itu ketua tim dalam arahannya kegiatan ini merupakan  salah satu progam dari STIK Lemdiklat Polri yaitu penelitian dan supervisi tentang pemanfaatan media sosial sebagai sarana penguatan partisipasi publik.

“ Kami dari STIK Lemdiklat Polri telah melakukan penelitian di beberapa daerah di indonesia dalam pengembangan media sosial Polri. Kita ketahui bahwa dengan penggunaan  zaman sekaran ini semua menjadi gampang dan infor masi yang beredarun semakin cepat dikarenakan begitu  banyaknya pengguna media sosial”,  jelasnya.

“ Harapannya dengan pesatnya dan meningkatnya  Media Sosial agar sebagai anggota Polri harus bijak, beretika dalam penggunaanya  dikarenakan apabila salah kita gunakan dampaknya sangat buruk khusunya terhadap institusi  yang kita cintai ini”, harapnya.

“ Dengan media sosial  juga, sangat membantu kita selaku anggota Polri dalam Tugas , sebagai  contoh kita bisa dengan cepat mengakses informasi-informasi atau kejadian kejadian yang mungkin diakses oleh masyarakat”, ucapnya.

Setelah pemberian arahan, pemberian cendera mata dari Ketua Tim Supervisi kepada Kapolres TTS kemudian dilanjutkan dengan  dengan wawancara, diskusi  atau FGD  yang dibagi dalam dalam 2 kelompok yakni kelompok pertama diskusi  khusus untuk Internal (Polri) yang diikuti personel PolresTTS dilaksanakan di aula Tribrata Polres TTS sedangkan  keleompok kedua  yakni diskusi eksternal yang diikuti perwakilan tokoh adat, toko agama, perwakilan pemerintah desa  dan tokoh pemuda   yang dilaksanakan di  Posko  Ops Polres TTS.