Puncak Perayaan Hari Bhayangkara Ke-78, Polres TTS Melaksanakan Upacara

Puncak Perayaan Hari Bhayangkara Ke-78, Polres TTS Melaksanakan Upacara

Tribratanewstts.com- Polres Timor Tengah Selatan (TTS), Senin ( 01/07/24)  di lapangan Apel Mapolres TTS melaksanakan upacara dalam rangka memperingati hari Bhyangkara ke-78 tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Kapolres TTS AKBP I Gusti Putu Suka Arsa, S.I.K., M.H.

 

Sebagai pemimpin upacara, kapolres TTS membacakan amanat  Kapolda NTT. Dalam amanatnya, Kapolda NTT   mengawali dengan mengucapkan selamat Hari Bhayangkara Ke-78 dan memberikan penghargaan atas kerja keras seluruh personel Polda Ntt dalam melayani masyarakat yang ada di bumi Flobamorata.  Kapoldapun menaruh harapan besar kepada personel Polda NTT agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan kewenangan yang sangat besar, dimana organisasi Polri menembus sampai tingkat desa dan setiap hari anggota Polri besentuhan langsung dengan masyarakat.

“ Hari ulang tahun Bhayangkara ke-78 kita peringati dengan tema yakni "polri presisi mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan menuju indonesia emas," yang menggambarkan visi Polri untuk berperan aktif dalam mendukung pembangunan nasional yang berorientasi pada kemajuan ekonomi, keadilan sosial, dan keberlanjutan lingkungan, sejalan dengan visi indonesia emas 2045”, jelasnya

“Provinsi NTT memiliki alam, budaya dan pariwisata yang menjadi daya tarik untuk meningkatkan perekonomian. dalam mendukung perekonomian provinsi ntt, polda ntt telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka hut bhayangkara ke-78. Salah satunya yaitu kegiatan pagelaran budaya yang telah terlaksana pada tanggal 22 juni 2024 yang lalu, dengan menampilkan fashion carnaval khas NTT dan lomba fashion show tenun modifikasi, dengan tujuan mempromosikan keindahan dan keunikan budaya tradisional Nusa Tenggara Timur serta mengangkat kearifan budaya lokal NTT yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Dalam kegiatan tersebut, Polda NTT juga memberikan kesempatan kepada para pelaku umkm untuk berpartisipasi secara langsung serta mendorong para pelaku usaha UMKM sehingga meningkatkan daya saing pelaku usaha mikro kecil dan menengah (umkm) khususnya UMKM ekonomi kreatif”, ujar kapolda NTT

Pada tahun ini, Polri masih mengamankan agenda nasional yaitu pemilihan kepala daerah serentak yang harus diantisipasi dengan baik. tugas kita adalah memastikan bahwa proses demokrasi ini berlangsung dengan aman, tertib, dan damai dengan memberikan dukungan kamtibmas secara maksimal, agar pesta demokrasi ini bisa berjalan dengan baik sesuai asas Pemilu yaitu dengan prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. persiapan pengamanan pilkada harus dimulai dari saat ini juga. kita perlu menyusun rencana pengamanan yang komprehensif, termasuk identifikasi potensi kerawanan, penguatan koordinasi dengan instansi terkait, serta peningkatan kapasitas dan kesiapsiagaan seluruh personel polri. kita juga harus menjalin kerjasama yang erat dengan masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan semua elemen terkait, untuk menciptakan situasi harkamtibmas yang kondusif di Provinsi NTT, “ungkap Kapolda NTT”.

“Hari ulang tahun Bhayangkara ini merupakan momentum penting bagi kita semua untuk merenungkan kembali perjalanan panjang Polri dalam melayani, mengayomi, dan melindungi masyarakat. marilah kita melakukan introspeksi diri dan melihat apa yang telah kita lakukan untuk kebaikan kedepan dalam menjalanakan tugas pokok polri kepada masyarakat. kita harus senantiasa siap siaga dalam menjalankan tugas, layanilah masyarakat dengan sepenuh hati, terus berkomunikasi, berkoordinasi, dan berkolaborasi dengan seluruh stakeholder terkait, serta jadilah teladan dalam keluarga, di lingkungan kerja maupun masyarakat, sehingga tercipta keamanan dan ketertiban di bumi Flobamorata tercinta ini”, Harap kapolda NTT.

 “ Teruslah berjuang dengan semangat dan dedikasi yang tinggi. saya percaya, dengan kerja keras dan kerjasama yang baik, kita akan mampu mencapai cita-cita yang luhur”, tutup Kapolda NTT.

Hari Bhyangkara  tahun 204 mengusung Tema “polri presisi mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan menuju indonesia emas,".

Sementara itu Kapolres TTS melalui Kabag Sumda Polres TTS AKP Frids D. Mada, SH  saat ditemui setelah upcara menyampaikan bahwa upcara yang dilaksanakan ini sebagai acara puncak peringatan hari    Bhayangkara ke-78.

Dalam menyemarakkan hari Bhyangkara, Polres Tts juga telah melakukan beberapa kegiatan yakni lomba keberishan antar mako Polsek, antar  Bagian, Satuan dan Seksi,  pertandingan bola volley antas satuan, fungsi dan Polsek, Bakti religi, baksos ke panti asuhan, ke para purnawirawan  serta kegiatan-kegiatan lainnya yang melibatkan seluruh anggota jajaran Polres TTS”, jelas Kabag Sumda.

 Dari pantauan, upacara di hadiri oleh Penjabat Bupati TTS, ketua Pengadilan Negeri soe,  Kejaksaan Negeri TTS, pejabat mewakili Dandim  1621/TTS, dan tamu undangan lainnya.

Penutupan Upacara yang diakhiri dengan  bonet ( tarian daerah TTS) sebagai wujud kebersamaan dan silahturahmi bersama stakeholder.