Bupati TTS  Pimpin Apel Konsolidasi di Polres TTS

Bupati TTS  Pimpin Apel Konsolidasi di Polres TTS

Tribratanewstts.com- Kepolisian Resor Timor Tengah Selatan  (TTS), Rabu (11/11/20)  polres TTS menggelar apel konsolidasi dalam rangka kesiapsiagaan penaggulangan bencana di kabupaten TTS apel yang digelar di lapangan apel Mapolres TTS .

Apel yang dipimpin langsung oleh Bupati TTS Egusem Pieter Tahun, ST.MM dan didampingi oleh Kapolres TTS AKBP Andre Librian S.I.K.

Selaku pemipin apel , Bupati TTS dalam  amanatnya menyampaikan bahwa bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan baik faktor alam dan/atau faktor non-alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis.

Sambungnya, ” Khusus di  kabupaten TTS ini,  bencana alam yang berpotensi terjadi yakni banjir, angin putting beliung, pohon tumbang, jalan terputus dan bencana akibat ulah manusia.hal ini perlu menjadi perhatian dan kesiapsiagaan kita baik peralatan, alsus, dalam mengantisipasi terjadinya bencana untuk mengurangi timbulnya korban jiwa maupun materil.

 “ Dengan demikian penanggulangan bencana dan pengurangan risiko bencana merupakan tanggung jawab semua pihak, untuk itu perlu peran aktif dari pemerintah baik itu dari pihak skpd terkait dan Tni-Polri serta peran elemen masyarakt untuk melakukan berbagai langkah guna mengurangi dampak jika terjadi bencana”, Harap Bupati TTS.

 Mengakhiri arahannya, Bupati TTS mernyampikan beberapa penekanan diantaranya, “

  1. Petakan potensi bencana yang terjadi diwilayah masing-masing;
  2. Memiliki sop pencegahan dan penanggulangan bencana;
  3. Lakukan koordinasi secara baik dengan instansi lintas sektoral guna meminimalisasir dampak yang ditimbulkan baik korban jiwa maupun korban materil;
  4. Bentuk satuan tugas,  bangun posko dan siapkan logistik untuk memonitoring dan respon cepat apabila terjadi bencana.”.

Dalam apel ini, dilakukan juga pemeriksaan pasukan serta pemeriksaan sarana prasarana pendukung dalam penanggulangan bencana . Pemeriksaan oleh Bupati TTS beserta unsure Forkopimda kabupaten TTS.

 Kapolres TTS Melalui  Kabag Ops Polres TTS AKP DG anjasmara, SH bahwa  pelaksanaan apel ini bertujuan   bertujuan untuk mengecek kesiapan seluruh personil dan kelengkapan sarana prasarana pendukungnya, serta  memadukan unsur lintas sektoral dan masyarakat untuk  turut serta berperan  peran aktif dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam.

 kegiatan ini dihadiri juga  oleh Para Kabag, Kasat, perwira Polres, Kepala BNPB, perwakilan Kodim 1621 TTS , perwakilan kejaksaan Soe, perwakilan Sat Pol PP Kab. TTS, ketua Senkom Kabupaten TTS,  dan hadir sebagai peserta apel , personil Polres TTS, Personil Kodim 1621 TTS, Personil BPBD kabupaten TTS, personil Senkom Kabupaten TTS serta ASN Polres TTS..