Polres TTS: Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021,  ini  Penekanan Kapolri Yang Dibacakan Bupati TTS

Polres TTS: Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021,  ini  Penekanan Kapolri Yang Dibacakan Bupati TTS

Tribratanewstts.com-  Dalam rangka  pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, Polres Timor Tengah Selatan (TTS)  menggelar  Operasi Ketupat -2021 yang akan dimulai dari tanggal 06 hingga 17 Mei 2021. Operasi yang ditandai dengan pelaksanaan Apel gelar pasukan di Mapolres TTS , Rabu (05/05/21).

Apel yang dipimpin langsung oleh Bupati TTS Egusem Pieter Tahun , ST,MM  dan hadir  Kapolres TTS AKBP Andre Librian, S.I.K, unsur Forkopimda kabupaten TTS, Ormas, PJU Polres TTS dan seluruh Personil Polres TTS.

Pada kesempatan tersebut, Bupati TTS membacakan Amanat Kapolri disampaikan dalam amanatnya,  “ Polri menyelenggarakan Operasi Ketupat-2021 yang akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai dari tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021. Semangat yang ingin saya tanamkan dalam Ops Ketupat 2021 adalah upaya Polri dalam mencegah penyebaran Covid-19 melalui penyekatan dan penegakan terhadap protokol kesehatan. Prioritaskan langkah-langkah preemtif dan preventif secara humanis, sehingga masyarakat betul-betul mematuhi protokol kesehatan. Laksanakan penegakan hukum sebagai upaya terakhir “ultimum remedium” secara tegas dan profesional terhadap pelanggar protokol kesehatan yang sudah berulang kali serta oknum-oknum masyarakat yang menimbulkan dampak negatif kesehatan secara luas dan menciptakan klaster baru Covid-19.

“ Tujuan yang ingin dicapai adalah masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman serta terhindar dari bahaya Covid-19”,

Selain itu,  Kapolri  dalam amantnya menekankan bebarapa untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Operasi Ketupat-2021, yaitu sebagai berikut:

 Pertama, siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa;

Kedua, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat;

Ketiga, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1442 H;

Keempat, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system;

Kelima, laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas;

Keenam, mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi;

Ketujuh, tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Kedelapan, pastikan petugas frontliner telah melaksanakan program vaksinasi sebanyak 2 kali.

Mengakhiri amanatnya , Kapolri mengucapkan “selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H” kepada seluruh umat muslim yang merayakan”, penekanan Kapolri.

Sebelum penekanannya, Kapolri menyampaikan agar Pada Operasi Ketupat tahun 2021, substansi dari kebijakan pelarangan mudik oleh Pemerintah adalah mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 agar tidak terjadi klaster-klaster pada saat kegiatan di bulan suci ramadhan seperti Klaster Pesantren, Klaster Mudik, Klaster Ziarah, Klaster Taraweh, dan sebagainya. Namun pada kenyataan banyak masyarakat yang melaksanakan mudik mendahului atau “curi start mudik”. Selain itu, peningkatan aktifitas masyarakat pada bulan Ramadhan, menjelang, pada saat, dan pasca hari raya Idul Fitri tentu saja sangat berpotensi meningkatkan penyebaran Covid-19 khususnya di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, tempat wisata, dll.

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2021 yang diselenggarakan secara serentak seluruh Indonesia, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Apel gelar pasukan ini juga  dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat-2021 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya.

Semetara itu Kapolres TTS  AKBP Andre Librian, S.I.K saat dimintai keterangagnya menjelaskan bahwa   untuk  pelibatan personil Polres TTS dalam operasi ini, Polres TTS menurunkan 200 personil yang didalamya tergabung personil dari Kodim 1621, Personil Pol PP kabupaten TTS dan dinas Perhubungan kabupten TTS.