Peringati Hari Lahir Pancasila, Polres TTS Melaksanakan Upacara Bendera

Peringati Hari Lahir Pancasila, Polres TTS Melaksanakan Upacara Bendera

Tribatanewstts.com-Dalam rangka peringati Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, Polres Timor Tengah Selatan (TTS) melaksanakan upacara Bendera atau upacara pengibaran bendera Merah Putih di lapangan apel Mapolres TTS, Kamis, (01/06/23).

Upacara dipimpin langsung oleh Kapolres TTS AKBP I Gusti Putu Suka Arsa, S.I.K dan diikuti oleh seluruh personil Polres TTS baik perwira, Bintara serta ASN Polres TTS.

Pada kesempatan tersebut, selaku Inspektur upacara, Kapolres TTS membacakan amanat Presiden Republik Indonesia.

"Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, Kekuatan Pemersatu Bangsa, dan Sumber Segala Sumber Hukum Negara. Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai “bintang penuntun” (leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. 
Pancasila digali dan  lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus Nasional, untuk itu sudah selayaknya kita semua bangsa Indonesia mengaktualisasikan Pancasila, sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan pengalaman akal serta pengalaman religiusbangsa indonesia. Dengan demikian, Pancasila bukanlah wacana belaka, melainkan realitas obyektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis maupun kultural, amanat Presiden

Dilanjutkan bahwa" Para pendiri negara (the founding fathers) telah berhasil mengidentifikasi kepribadian bangsa Indonesia yang kemudian dirumuskan dalam suatu pandangan hidup yaitu Pancasila. Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. 

Melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri, kita akan mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila tidak dapat digantikan dengan apa pun juga baik pada masa dulu, sekarang, dan masa yang akan datang.

Akhirnya Presiden Republik Indonesia menyampaikan, "Atas nama seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan terima kasih dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para founding fathers atas warisan luhur Pancasila yang kita nikmati sampai saat ini. saya juga ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh  generasi penerus bangsa  yang telah menanamkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 
Mengakhiri sambutan ini, saya ingin mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Panbcasila dalam kehidupan keseharian kita. Semoga melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini  dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang. Semoga Allah Subhanawataala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua, untuk kejayaan bangsa dan negara"

Thema Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 " Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global"
dan  tagline " Aktualisasi Pancasila Energi Pertumbuhan Indonesia ".