Menandai Dimulainya Ops Zebra-Turangga 2024, Polres TTS  laksanakan Apel gelar Pasukan

Menandai Dimulainya Ops Zebra-Turangga 2024, Polres TTS  laksanakan Apel gelar Pasukan

Tribratanewstts.com- Mulai hari ini, Polres Timor Tengah Selatan (TTS)  akan melaksanakan Operasi  Zebra Turangga-2024.

Menandai dimulainya  Operasi  tersebut , Polres TTS menggelar Apel gelar pasukan Operasi Zebra Turangga- 2024 yang dipimpin langsung oleh Kapolres TTS AKBP Ari satmoko, S.H., S,I,K., M.M dan turut  hadir Penjabat Bupati TTS, dan stakeholder lainnya, Senin (14/10/24) di Mapolres TTS.

 

Tema dari operasi yang akan digelar ini yaitu “ Mendukung suksesnya pelantikan Presiden Dan Wakil Presiden terpilih serta mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas demi terwujudnya kamseltibcar lantas yang aman dan nyaman”.   

Pada kesempatan tersebut, Kapolres TTS membacakan amanat dari Kapolda NTT, disampaikan dalam amanatnya bahwa  apel gelar pasukan ini, dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

“ Dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas baik laka lantas dan pelanggaran lalu lintas kita tidak bisa berdiam diri, melainkan wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya, dalam hal ini  menciptakan pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara kamseltibcarlantas guna mengatasi permasalahan lalu lintas tersebut, perlu dilakukan berbagai upaya untuk menciptakan situasi kamseltibcar lantas dengan memberdayakan seluruh stakeholder, supaya dapat diambil langkah yang komprehensif dan  menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas, oleh sebab itu diperlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara kamseltibcar lantas, sehingga tercipta keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas”, harapnya.

sebagaimana     amanat undang-undang nomor 22 th 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan adalah bagaimana untuk : mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (kamseltibcar lantas, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalu lintas, meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik. Ke empat point di atas merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh polantas sendiri, melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah, dan solusinya yang diterima  dijalankan oleh semua pihak, “ jelasnya”.

Operasi Zebra Turangga T.A. 2024 ini merupakan jenis operasi harkamtibmas yang mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis di dukung gakkum lantas secara elektronik baik statis dan mobile dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.  Operasi ini dilaksanakan dari tanggal 14 s/d 27 oktober 2024 selama 14 hari yang melibatkan 902 personel POLDA NTT dan Polres jajaran dengan tema mendukung suksesnya pelantikan Presiden Dan Wakil Presiden terpilih serta mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas demi terwujudnya kamseltibcar lantas yang aman dan nyaman, imbuhnya”.

Sementara itu,  Kapolres TTS dalam arahannya  kepada  seluruh peserta apel  menyampaikan agar seluruhnya  mendukung sepenuhnya operasi ini dalam rangka cipta kondisi  Kamseltibcarlantas   jelang pelantikan Presiden Dan Wakil Presiden terpilih.

Operasi yang dilaksanakan ini lebih mengedepankan  kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis sehingga ini di pedomani dengan baik dan tidak melakukan  kegiatan-kegiatan ataupun tindakan-tindakan kontraproduktif  yang dapat mengakibatkan terjadinya sumber masalah  baik yang berdampak terhadap diri sendiri, orang lain bahkan institusi  khusunya institusi Polri, “tegasnya”.

“ Kita hadir di tengah-tengah masyarakat   sebagai bagian munculnya solusi ataupun menjadi sumber solusi bukan sebaliknya menjadi bagian dari  sumber masalah”, tutup kapolres TTS.