Kesiapan Pam Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Polres TTS Melaksanakan Apel Gelar Pasukan

Kesiapan Pam Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Polres TTS Melaksanakan Apel Gelar Pasukan

Tribratanewstts.com-Kesiapan Polres Timor Tengah Selatan (TTS)  dan instansi terkait dalam pengamanan perayaan Natal 2020 dan tahun baru 2021, Polres TTS melaksanakan apel gelar pasukan , Senin ( 21/12/20) di lapangan apel Mapolres TTS.

Apel yang dipimpin langsung oleh Kapolres TTS AKBP Andre Librian, S.I.K  dan turut hadir  Unsur Forkopinda TTS,  PJU Polres TTS, Toko Agama, Ormas dan sebagai peserta apel, Seluruh Personil Polres TTS, anggota Kodim 1621 TTS, anggota Sat Pol PP ,   anggota  BPDB , Angota Senkom  anggota  Banser serta anggota  Lascar K2S.

Sebagai pemimpin Apel, Kapolres TTS membacakan Amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia dan  Dalam amanatnya disampaikan  “Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi "Lilin- 2020”dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI,Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya”.

Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universa l dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian. Peningkatan aktifitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19. Oleh Karena itu Polri menyelenggarakan Operasi Lilin-2020 yang akan dilaksanakan selama 15 hari,mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis,serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.lanjutnya.

Kapolri Juga menekankan kepada personil terkait dengan  pelaksanaan tugas operasi Lilin -2020 diantaranya  menyiapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada TuhanYang Maha Esa, melakukan lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat,  tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2020 dan perayaan Tahun Baru2021, melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan peiayanan terbaik,lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system, laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbuikan gangguan kamtibmas, mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaanoperasi, tetaplah  menjadi teladan  bagi keluarga,Rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19, yaitu mencuci  tangan,  memakai   masker,  menjaga  jarak,Serta menerapkan pola hidup sehat danbersih.

Sekecil apapun peran yang diberikanKepadamu, itu akan memberi catatan sejarah bagi perjalanan hidupmu, yang suatu saat bisa kamu torehkan dan ceritakan kepada anak cucumu kelak” akhir amanat Kapolri.

 Menandai dimulainya operasi ini, di tandai dengan penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan personil baik dari anggota  Kodim 1621 TTS, anggota Polres TTS, anggota Sat Pol PP Kabupaten TTS, anggota Senkom dan  anggota Banser Banser.

Kapolres TTS melalui kabag Ops Polres TTS  AKP DG Anjasmara, SH, MH bahwa operasi ini merupakan operasi terpusat yang diselenggarakan di seluruh jajaran Polri dan Polres TTS salah satunya yang meneyelengarakan.

“ Operasi ini  dalam rangka   menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat yang akan merayakan  Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 serta terhindar dari wabah covid-19  dan terwujudnya situasi dan kondisi kamtibmas  yang aman dan kondusif   baik sebelum, pada saat dan sesudah Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Saat dilangsir dilakukan juga pengecekan pasukan dan   sarana prasarana yang akan digunakan saat pelaksanaan operasi Lilin -2020 oleh Kapolres TTS serta unsur Forkopinda TTS.