Dimulainya Ops Keselamatan, Polres TTS laksanakan  Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan

Dimulainya Ops Keselamatan, Polres TTS laksanakan  Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan

Tribratanewstts.com- Kepolisian Resor Timor Tengah Selatan (TTS) terhitung dari tanggal 07 hingga 20 Februari 2023 akan melaksanakan operasi  dengan sandi “ Operasi Keselamatan  Turangga.

Dimulainya Operasi, Polres TTS melaksanakan apel gelar pasukan yang dipimpin langsung Oleh Kapolres TTS AKBP I Gusti Putu Suka Arsa, S.I.K , Selasa  (07/02/23) di Lapangan Apel Mapolres TTS.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres TTS sebagai pemimpin apel membacakan amanat Kapolda NTT dan dalam amanatnya, Kapolda NTT menyampaikan “  permasalahan di bidang lalu lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. perkembangan transportasi juga telah memasuki era digital. di mana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman, cukup menggunakan handphone. modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja polri khususnya polantas,sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut.

“ Sesuai amanat Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan angkutan jalan, kita diharapkan untuk:

1. mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas (kamseltibcar lantas).

2. meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas

 3. membangun budaya tertib berlalu lintas;

 4. meningkatkan kualitas pelayanan publik.  keempat hal tersebut memiliki kompleksitas yang tidak bisa ditangani oleh polantas sendiri, sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan solusinya yang harus diterima dan dijalankan oleh semua pihak”, jelas kapolda NTT.

Mengakhiri amanatnya,   Kapolda NTT menekankan  bahwa selama pelaksanaan operasi agar:

1. melaksanakan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat yang rawan terhadap kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas serta lokasi penyebaran virus covid-19;

 2. melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada seluruh masyarakat tentang kamseltibcarlantas dan bahaya covid-19 berupa kegiatan sosialisasi, penyuluhan, melalui pemasangan spanduk, banner, baliho,penyebaran leaflet dan stiker serta melalui media cetak, media elektronik, dan media sosial;

3. hindari tindakan kontraproduktif yang dapat merusak citra polri;

4. lakukan operasi keselamatan ini dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat;

 5. kita wujudkan kamseltibcar lantas yang mantap dan pencegahan penyebaran covid-19 dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan;

 6. selalu memanjatkan doa agar operasi keselamatan tahun 2023 yang dilaksanakan dapat memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat.

Sementara itu kapolres TTS kepada media setelah pelaksanaan apel menyampaikan bahwa  operasi ini dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam  berlalu lintas, menurunkan fatalitas korban Laka lantas serta  menurunkan pelanggaran lalu Linntas.

“Adapun beberapa kegiatan yang akan dilakukan selama  operasi sesuai  dengan amanat kapolda diantaranya  melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada seluruh masyarakat tentang kamseltibcarlantas dan bahaya covid-19 berupa kegiatan sosialisasi, penyuluhan, melalui pemasangan spanduk, banner, baliho,penyebaran leaflet dan stiker serta melalui media cetak, media elektronik, dan media sosial diharpakan dengan kegiatan-kegiatan tersebut, warga masyarakat pengguan kendraan bermotor makin disiplin dengan demikian dapat menekan terjadinya pelanggaran serta  laka lantas”, ujar kapolres TTS.