Kesiapan Hadapi Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024, Polres TTS Melaksanakan Kesiapan

Kesiapan Hadapi Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024, Polres TTS Melaksanakan  Kesiapan

Tribratanewsttscom-Momend Natal dan Tahun baru merupakan momen yang selalu ditunggu-tunggu , dimana momen Natal oleh Umat Kristiani dan momen tahun Baru oleh semua warga masyarakat dunia.

Dalam momen ini, demi aman dan lancarnya baik , sebelum , saat dan sesudah perayaan, Polres TTS menunjukkan kesiapannya dengan melaksanakan apel gelar Pasukan Operasi Lilin Turangga -2023 dalam rangka kesiapan pengamanan perayaan Natal 25 Desember 2023 dan  Tahun Baru 2024.

Apel yang dipimpin langsung oleh Kapolres TTS AKBP I Gusti Putu Suka Arsa, S.I.K.,M.H dan hadir unsur Forkopimda TTS serta instansi terkait dan organisasi masyarakat disertakan pasukan apelnya, Kamis (21/12/23) dilapangan apel Mapolres TTS.

Kapolres selaku pemimpin apel membacakan amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia.

Kapolri dalam amanatnya menyampaikan bahwa    "Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2023” secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 (Nataru) dapat berjalan dengan optimal".

" Pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar, sebagaimana penekanan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa, “Natal dan tahun baru ini rutinitas tetapi apapun tetap harus direncanakan, harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok”. Hal tersebut penting karena momentum Nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat", jelasnya.

perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi. Oleh sebab itu, dalam rangka pengamanan Nataru, Polri didukung TNI, K/L, Pemda, Mitra Kamtibmas dan stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi “Operasi Lilin 2023” selama 12 hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 s.d. 2 Januari 2024. Operasi ini melibatkan 129.923 personel yang terdiri dari TNI-Polri serta stakeholder terkait lainnya yang ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan,"urainya".

saya mengucapkan “Selamat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024”. Semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan senantiasa menyelimuti relung hati kita semua sehingga melahirkan semangat serta harapan baru, demi mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045, " tutup Kapolri.

Sementara itu Kapolres TTS ditemui media setelah apel dilaksanakan, menyampaikan bahwa Khusus Polres TTS dalam pengamanan ini menurunkan 152 personil gabungan baik dari Polres TTS, Kodim 1621/TTS dan istansi terkai.

Demi aman dan lancarnya kegiatan perayaan , Personil juga akan disiagakan di setiap gereja guna melaksanakan pengamanan saat ibadah, selain itu untuk memudahkan pelayanan pengamanan selama perayaan nataru, Polres TTS akan bangun 3 pos sementara yakni Pos Terpadu, Pos Pengamanan dan pos Pelayanan yang tersebar di seputaran Kota Soe, "ujarnya".

Kami juga Imbau kepada seluruh masyarakat TTS baik umat Nasrani yang akan merayakan Natal maupun warga masyarakat yang akan melaksanakan perayaan menyambut Tahun Baru agar sama-sama jaga kamtibmas sehingga baik perayaan  dan Natal dan Tahun Baru dapat  berjalan aman dan lancar, tidak mudah terpengaruh dengan berita hoax  ataupun isu -isu negatif yang dapat memecah belah kerukunan antar umat beragama maupun  keutuhan NKRI," imbau Kapolres TTS".