Syukuran hari Bhayangkarake-78 Tahun 2024, Polres TTS Tandai Dengan Pemotongan Tumpeng

 Syukuran hari Bhayangkarake-78 Tahun 2024, Polres TTS Tandai Dengan Pemotongan Tumpeng

Tribratanewstts.com-Mensyukuri Bhayangkarake-78 Tahun 2024 tepat jatuh pada tanggal 01 Juli 2024, Polres Timor  Tengah Selatan menggelar acara Syukuran ,  Senin (01/07/24) di aula Tribrata Polres TTS.

 Acara sambutan yang di tandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kapolres TTSAKBP I Gusti Putu Suka Arsa, S.I.K., M.H.

 Dalam sambutannya, kapolres TTS  menjelaskan  bahwa Hari Bhayangkara pada 1 Juli bermula dari ditetapkannya Penetapan Pemerintah Nomor 11 Tahun 1946. Tanggal tersebut sekaligus menjadi hari penting untuk memperkuat kedudukan kepolisian di Indonesia.

Mulanya, kepolisian berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri dengan nama Djawatan Kepolisian Negara untuk bertanggung jawab seputar masalah administrasi. Sedangkan, masalah operasional dipertanggungjawabkan kepada Jaksa Agung.

Sejak dikeluarkannya keputusan tersebut, Djawatan Kepolisian Negara memiliki haknya untuk bertanggung jawab secara langsung kepada Perdana Menteri. Kedudukan kepolisian setingkat dengan departemen, sedangkan Kepala Kepolisian Negara (KKN) setingkat dengan menteri.

Kepolisian terus mengalami perkembangan serta perubahan berdasarkan situasi dan peraturan yang dikeluarkan. Bahkan, pada masa Orde Lama, Polri sempat berada dalam satu unsur bersama ABRI yang sederajat dengan TNI AD, AL, dan AU.Nama Bhayangkara untuk menyebut anggota kepolisian terinspirasi dari pasukan zaman Kerajaan Majapahit. Kala itu, Bhayangkara merupakan sebuah pasukan yang dibentuk oleh Patih Gajah Mada untuk melindungi raja dan kerajaan, “ jelas kapolres TTS.

Kapolres Juga mengucapkan kepada Pemda TTS, kodim 1621 TTS dan seluruh masyarakat TTS  dimana selama ini telah mendukung Polres TTS dalam menjaga situasi kamtibmas  wilayah kabupaten TTS sehingga sampai saat ini tetap aman  dan kondusif, “ ucap kapolres TTS.

 Kmai juga akan terus mendukung pembangunan yang ada di TTS sehingga dapat tercapai cita-cita yang di harapkan dan apabila masih ada  kekurangan dan kelemahan dalam menjaga kamtibmas kami juga membutuhkan dukungan dan doa sehingga kedepan Polri Khusunya Polres TTS lebih baik lagi”, harap kapolres TTS”.

 Sementara itu penjabat Bupati TTS dalam sambutannya, megapresiasi Kapolres TTS dan jajarannya  atas kerjasama yang telah terjalin agar ini terus di jaga dan terima juga dimana pesta demokrai yang brusan dilaksanakan telah selesai dengan aman dan dami, ini merupakan bukti nyata kerja kerja dari Polres TTS dan Kodim TTS dalam berupaya tetpa menjaga kamtibma sehingga tetpa aman kondusif.

“ kedepan akan dilaksanakannya Pilkada serentak dan kabupetn TTS juga  salah satu Kabupten  yang akan melaksanakan Pilkada, oleh karena itu dukungan dan perhatian kami juga harapkan sehingga  dari Polres TTS dan Kodim TTS untuk tetap menjaga kamtibmas sebelum, saat dan sesudah Pilkada agar tetap aman dan kondusif”, harap penjabat Bupati TTS.

  Dari pantauan, acara selanjutnya peyerahan penghargaan dan kepada para juara atau pemenang lomba kebersihan antar Bagian, Satuan dan Polsek serta   pemenang pertandingan  Bola Volly.