Rutin,  Pengecekan Ruang Tahanan Polres  TTS  Pada Malam Hari  

Rutin,  Pengecekan Ruang Tahanan Polres  TTS  Pada Malam Hari  

Tribratanewstts.com- Polres Timor Tengah Selatan (TTS) melaksanakan pengecekan rutin terhadap ruang tahanan pada malam hari guna memastikan keamanan para tahanan. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pihak Polres TTS dalam menjaga ketertiban dan keamanan di dalam ruang tahanan.

Pengecekan rutin ruang tahanan dilakukan oleh perwira pengawas  dan personil yang melaksanakan piket jaga tahanan. Tujuan utama dari pengecekan ini adalah untuk memastikan bahwa tidak ada pelanggaran atau kejadian yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban di dalam ruang tahanan.

Dalam pengecekan, perwira pengawas serta personil  yang melaksanakan piket   secara teliti memeriksa kondisi fisik ruang tahanan, termasuk memastikan keberadaan tahanan sesuai dengan catatan yang ada. Mereka juga memeriksa kelengkapan fasilitas dan peralatan yang diperlukan, seperti pengamanan pintu dan jendela, sistem pencahayaan, serta kebersihan ruangan.

Selain itu, petugas juga melakukan pemantauan terhadap perilaku dan interaksi antar tahanan. Mereka memastikan bahwa tidak ada tindakan atau perencanaan yang melanggar peraturan yang ditetapkan. Jika ditemukan pelanggaran atau kejadian yang mencurigakan, petugas akan segera mengambil tindakan yang diperlukan untuk menjamin keamanan dan ketertiban di dalam ruang tahanan.

Kapolres TTS , AKBP  I Gusti Putu Suka Arsa, S.I.K., M.H., melalui Kasat Tahti Polres TTS Iptu Ngakan saat di temui di ruang kerjanya , Rabu (01/11/23)  mengungkapkan bahwa pentingnya pengecekan rutin ruang tahanan pada malam hari sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini terhadap potensi masalah yang mungkin timbul di dalam lembaga penahanan. Ia menegaskan komitmen Polres TTS  dalam menjaga keamanan dan kedisiplinan di dalam ruang tahanan serta memberikan perlindungan yang layak bagi para tahanan.

Pengecekan rutin ruang tahanan pada malam hari ini merupakan salah satu langkah konkret yang dilakukan oleh Polres TTS dalam menjalankan tugasnya sebagai penegak hukum. Dengan adanya pengecekan ini, diharapkan akan tercipta lingkungan yang aman dan tertib di dalam ruang tahanan, sehingga proses penahanan dan penegakan hukum dapat berjalan dengan baik, “ tutupnya”..