Perencanaan dan Pengorganisasian Yang Mantap, Itwasda Polda NTT Lakukan Audit di Polres TTS

Perencanaan dan Pengorganisasian Yang Mantap, Itwasda Polda NTT Lakukan Audit di Polres TTS

Tribratanewstts.com- Tim Itwasda Polda Nusa Tenggara Timor (NTT) lakukan Audit di Polres Timor Tengah Selatan, Rabu (01/03/23).

Tim dipimpin oleh Kombes Pol. R.A. Sormin, S.I.K dan didampingi oleh 5 anggota tim dan hadir dalam audit Para kabag Kasat, Kasi , sejumlah Kapolsek yang ditunjuk, para Kaur mintu dan kasium Polsek.

Dalam arahannya sebelum melakukan audit, Kombes Pol. R.A. Sormin, S.I.K  bahwa ini merupakan audit Tahap I  terkait perencanaan dan pengorganisasian. Kenapa harus ada  perencanaan dan pengorganisasian  dikarenakan  Polres telah menerima program kerja  yang dituangkan dalam DIPA  sehingga perlu di buat perencanaan-perencanaan sesuai dengan anggaran yan telah ditetapkan dalam DIPA.

“Bila tidak ada perencanaan dan pengorganisasin yang baik maka proses kegiatan dalam penggunaan anggaran tidak akan efektif , efisien dan ekonomis. Guna  efektif , efisien dan ekonomisnya, kami selaku pengawas internal Polri dalam hal ini  Itwasda Polda NTT  akan melakukan pengecekan, pengawasan dan kontrol agar  perencanaan  yang dibuat itu benar-benar mencapai  tujuan yang diharapkan, karena itu kami berharap Bagian, satuan dan Seksi agar direncanakan dengan baik”,  ujarnya.

Dalam audit ini,  Kami  tidak mencari-cari kesalahan tatapi kami ingin melihat  dan mengetahui apakah  perencanaan dan pengorganisasian yang telah dibuat oleh rekan-rekan itu sudah sesuai atau belum  dan  ketika sesuai maka kami yakinkan bahwa Polres TTS  dalam pelaksanaan program-programnya akan berjalan dengan baik kedepannya ,  tetapi jika tidak sesuai maka,  kewajiban kami memberikan solusi ,wawasan, petunjuk-petunjuk   ataupun pengetahuan yang sesuai dengan ketentuan ataupun aturan yang berlaku  yang berlaku sehingga kedepannnya saat audit tahap II tidak  ada temuan-temuan yang berulang  atupun yang menonjol.” Jelasnya.

Saat dilangsir, kegiatan audit Tahap I ini  melakukan pemeriksaan ataupun pendalaman meliput: Anggaran keuangan, Sumber Daya manusia, Logistik dan Operasional.