Kesiapsiagaan Penanggulangan  Bencana Alam dan Pengendalian Karhutla, Polres TTS Melaksanakan Apel Gelar Pasukan

Kesiapsiagaan Penanggulangan  Bencana Alam dan Pengendalian Karhutla, Polres TTS Melaksanakan  Apel Gelar Pasukan

Tribratanewstts.com- Dalam Rangka  Kesiapsiagaan Penanggulangan  Bencana Alam dan Pengendalian Karhutla, Kepolisian Resor Timor Tengah Selatan ( Polres TTS ) melaksanakan  Apel gelar Pasukan , Senin (22/03/21) di lapangan Apel Mapolres TTS.

Apel yang dipimpin langsung oleh Kapolres TTS AKBP Andre Librian, S.I.K dan turut hadir  sebagai tamu Bupati TTS dan  unsur Fokopinda TTS, tidak hanya hadir PJU Polres TTS   dan sebagai peserta apel, Personil Polres TTS, Kodim 1621 TTS, BPBD kab. TTS dan Sat Pol PP kab. TTS.

Pada kesempatan tersebut, selaku pemimpin apel, Kapolres TTS membacakan amanat kapolda NTT  dan dalam amanatnya, Kapolda NTT menyampaikan  bahwa  apel kesiapsiagaan yang kita laksanakan, merupakan tahapan penting yang harus  dilaksanakan dalam suatu proses  manajerial, untuk memastikan bahwa TNI-Polri dan Pemda serta seluruh instansi terkait san segenap potensi masyarakat, benar - benar siap baik dari segi kekuatan personel, kemampuan, maupun kelengkapan sarana prasarana yang akan digunakan sebelum diturunkan ke lapangan.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat dilakukan pengecekan terkait kesiapsiagaan personel, sarana dan prasarana yang dimiliki oleh seluruh stakeholders sehingga kesiapsiagaan penanggulangan bencana yang berbasis sinergi dapat terwujud dengan output yaitu adanya kesiapan dari seluruh komponen dalam menghadapi situasi kontinjensi bencana alam yang mungkin terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Timur”.

“Indonesia adalah salah satu daerah rawan bencana alam, karena dari 14 jenis bencana alam, 10 di antaranya ada di daerah ini, kesepuluh jenis bencana alam yang rawan terjadi di daerah ini adalah gempa bumi, tsunami, letusan gunung api, banjir lahar dingin, banjir, tanah longsor, angin puting beliung, pohon tumbang, jalan terputus,  gelombang pasang dan gelombang tinggi”,  jelas Kapolda NTT dalam amanatnya.

 Mengakhiri amanatnya, Kapolda NTT juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah provinsi nusa tenggara timur, unsur TNI dan satuan instansi terkait, atas kerjasama yang telah terjalin dengan baik selama ini dalam menjaga stabilitas kamtibmas di wilayah hukum Polda Nusa Tenggara Timur dan Kapolda Juga  saya berharap, jalinan koordinasi dan sinergi yang kokoh dapat terus kita pertahankan serta kita tingkatkan pada masa yang akan datang.

Sementara itu Saat di konfirmasi, Kapolres TTS melalui Kabag Ops Polres TTS bahwa apel ini  serentak dilaksanakan di seluruh Polres jajaran Polda NTT  sesuai dengan telegram Kapolda NTT.

“ dengan dilaksanakan apel ini menunjukan bahwa Polres TTS dan Instansi terkait  telah siap baik secara kekuatan personel, kemampuan, maupun kelengkapan sarana prasarana  dalam penanggulangan bencana alam maupun  penanggulangan karhutla“, tambahnya.