Kapolres TTS dan Buptai TTS Launching Kampung Tangguh Desa  Sopo

Kapolres TTS dan Buptai TTS Launching Kampung Tangguh Desa  Sopo

Tribratanewstts.com- Kapolres Timor  Tengah Selatan (TTS) AKBP Andre Librian, S.I.K. dan Bupati TTS  Egusem Pieter Tahun, ST.MM, Jumat  (26/02/21) meresmikan dan  me- launching Desa Sopo  kecamatan Amanuban Tengah  , Kabupaten TTS  menjadi Kampung Tangguh  Desa Sopo.

Peresmian dan Pe-launchingan   Kampung Tangguh  Desa Sopo yang digelar di Balai Desa Sopo ini ditandai dengan  pemukulan gong oleh Bupati TTS yang di damping langsung oleh Kapolres TTS TTS, unsur Forkopimda TTS,  Kasat Binmas Polres TTS, kapolsek Amanuban Tengah,  Beberapa kelada Dinas kab. TTS, Aparat pemerintah kecamatan dan aparat dEsa, petugas kesehatan, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat desa Sopo.

Dalam sekapur sirinya, Kepala desa menyampaikan laporan singkat terkait pemerintahan Desa Sopo hingga berbagai penghargaan yang di dapat desa Sopo baik dari pemerintah kabupaten TTS hingga Propinsi NTT. Kepala juga mengucapakan terima kasih kepada Polres TTS atas dipilihnya Desa Sopo sebagai kampung Tangguh”, Atas nama pemerinta, dan semua masyarakat Desa saya ucapkan terima kasih kepada kapolres TTS atas dipilihnya desa Sopo sebagai kampung tangguh”, Ucap Kepala Desa.

Sementara itu kapolres TTS dalam Arahannya bahwa ini merupakan acara yang sangat baik  walaupun di bawah pandemic covid-19  dan ini berlangsung seluruh Indonesia.

Kriteria kampung tangguh  dibawah pandemic ini harus tangguh dan mampu membangun kampungnya dengan tidak terpengaruh dengan kondisi  serba terbatas ini , dari kondisi ini minimal bisa  memberdayakan  produksi pangan  minimal untuk kebutuhan Pokok  bagi untuk dirinya sendiri  serta mampu dan tangguh terhadap pencegahan penyebaran covid-19  di kampung ini dan tangguh dalam harkamtibmas.

“ Kampung tangguh ini  merupakan program Polri dan dalam programnya khusus polres TTS, satu Polsek minimal punya satu kampung tangguh percotohan”, ungkap Kapolres TTS.

Bupati TTS juga dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Polres TTS dan jajarannya terkait pembentukan kampung tangguh.

“Saya berharap dari 14 polsek minimal setiap Desa agar dapat membentuk kampung tangguh seperti yang telah dijelaskan Kapolres TTS kriterianya, terkhusus pengananan covid, ketahanan pangan serta Harkamtibmas”, Harap Bupati TTS. 

Acara yang dilanjutkan dengan melakukan pengecekan dan peninjauan   elemen-elemen pendukung oleh Kapolres TTS , Bupati TTS dan unsus Forkopimda lainnya pengecekan  dan peninjauan meliputi  Pos pengamanan, Pos  Covid, dapur umum, ,Pos Kesehatan serta sarana pendukung lainnya.

Selain itu juga dilakukan penanaman   anakan kepala  secara simbolis di lahan produktif kampung tangguh sebagai bentuk  ketangguhan dalam ketahanan pangan di kampung tanggung Desa Sopo.