Cegah Penyebaran PMK, Bhabinkamtibmas Pospol Noebana Melaksanakan Sosialisasi

Cegah Penyebaran PMK, Bhabinkamtibmas Pospol Noebana Melaksanakan Sosialisasi

Tribratanewstts.com- Penyakit mulut dan kuku atau biasa disebut PMK pada hewan ternak kerap dijumpai akhir-akhir ini. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang bersifat merusak jaringan sel. Kerugian dari dampak penyakit ini bukan hanya dirasakan oleh peternak, namun juga dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

Pentingnya pencegahan PMK , Bhabinkamtibmas Pospol Noebana -Polres Timor Tengah Selatan (TTS)  Bripka Simo Msaan melaksanakan sosialisasi  PMK kepada warga desa binaannya di desa Noebana Kecamatan, Noebana, Kabupaten TTS.

disampaikan kepada warganya bahwa PMK atau dikenal juga sebagai Foot and Mouth Disease (FMD) dan Apthtae Epizooticae adalah penyakit hewan menular bersifat akut yang disebabkan virus.

PMK menyerang hewan yang memiliki kuku terbelah, seperti kerbau, sapi, domba, kambing, unta, rusa, dan babi.

Cara pencegahannya yakniPencegahan Dengan Cara Biosekuriti:Perlindungan pada zona bebas dengan membatasi gerakan hewan, pengawasan lalu lintas dan pelaksanaan surveilans,  Pemotongan pada hewan terinfeksi, hewan baru sembuh, dan hewan - hewan yang kemungkinan kontak dengan agen PMK, Desinfeksi asset dan semua material yang terinfeksi (perlengkapan kandang, mobil, baju, dll.), Musnahkan bangkai, sampah, dan semua produk hewan pada area yang terinfeksi serta Tindakan karantina", tutupnya