Temui Warga Di lahan Perkebunan , Bhabinkamtibmas Imbau  Cegah Karhutla

Temui Warga Di lahan Perkebunan , Bhabinkamtibmas Imbau  Cegah Karhutla

Tribratanewstts.com- Memasuki musim kemarau dan sebagai langkah pencegahan  terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan ( Karhutla), Bhabinkamtibmas Polsek Amanatun Selatan -Polres Timor Tengah Selatan  (TTS)  Bripka Toni Ton, langsung temui warga di lahan perkebunan sembari beri imbauan pencegahan Karhutla, di  Desa kakoi, Kecamatan Amanatun Selatan , Kabupaten TTS.

Demi mencegah terjadinya karhutla, Bripka Tonipun meberikan imbaun kepada warga desa binaannya yang sementara mempersiapkan lahannya untuk di tanami, “  Dalam mempersiapakan lahannnya agar tidak membiasakan membakar karena dapat mengakibatkan terjadinya kebakaran  Hutan maupun lahan”, imbaunya.

Selain  lahan yang telah dipersiapakan maupun pembukaan lahan baru agar  tidak membiasakan juga dengan cara dibakar, ajaknya.

Dijelaskan kepada warga juga bahwa,  dampak dari kebakaran hutan maupun lahan akan mengakibatkan rusaknya  hutan, segala ekosistem yang ada akan punah dan  dapat merugikan orang lain bahkan diri sendiri , sebagai contoh jika terjadi kebakaran dan merambat ke perkampungan warga maka rumah wargapun akan menjadi sasaran amukan si jago merah atu api, jelasnya.

Untuk diketahui bahwa  kebakaran hutan dan lahan atau karhutla   adalah suatu peristiwa terbakarnya hutan atau lahan baik secara alami maupun oleh perbuatan manusia, sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan yang menimbulkan kerugian ekologi, ekonomi, sosial budaya dan politik.