Apel Kasat Kamling, Kapolres TTS Serahkan penghargaan Kepada Pemenang lomba Satkamling  Tingkat Polres TTS

 Apel Kasat Kamling, Kapolres TTS Serahkan penghargaan Kepada Pemenang lomba Satkamling  Tingkat Polres TTS

Tribratanewstts,com- Polres Timor Tengah Selatan menggelar Apel  Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling) yang dipimpin langsung oeh kapolres TTS AKBP I Gusti Putu Suka Arsa, S.I.K., M.H Rabu (21/06/230 di  lapangan apel Mapolres TTS.

Dalam apel tersebut, Kapolres TTS membacakan amanat Kapolri dan dalam amanatnya,  Kapolri menyampaikan ucapan  terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran Korbinmas Baharkam Polri serta seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan Apel Kasatkamling ini.

“ Apel yang kita laksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Satkamling. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa” , jelas Kapolri dalam amanatnya

leluhur bangsa Indonesia. Tentunya berbagai dinamika tantangan tersebut harus kita hadapi bersama dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat.

Untuk itu, Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Hal ini sejalan dengan Program Transformasi Menuju Polri yang Presisi tepatnya pada kebijakan Transformasi Operasional program ke-5 dan kegiatan ke-21 yaitu peningkatan peran aktif pamswakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pamswakarsa.

Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling. Kehadiran Satkamling sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf c UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas, Polri dibantu oleh kepolisian khusus, PPNS, dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa.

Hal ini tentunya menjadi nilai penting kehadiran Satkamling itu sendiri, karena Awak Satkamling baik Ketua maupun Pelaksananya adalah masyarakat setempat dimana mereka berdomisili. Sehingga masyarakat memiliki peran mandiri yang signifikan dalam menjaga keamanan dan keteraturan lingkungan serta menyelesaikan permasalahan demi kenyamanan bersama,  demikian dalam amanatnya.

 Pada kesempatan tersebut, Kapolres TTS menyerahkan penghargaan Kepada pemenang lomba Satkamling  Tingkat Polres TTS yakni  Satkamling   dari  perwakilan Polsek Siso dan Polsek Amanuban tengah.

Kapolres TTS Melalui Kasat Binmas Polres TTS  IPda Eko Warso bahwa apel Kasat Kamling  hari ini serentak dilaksanakan serentak di seluruh Polda dan Polres jajaran  se- Indonesia.

Tujuan dari apel ini jelas tadi dalam amanat Kapolri yang dibacakan oleh kapolres TTS bahwa apel ini merupakan  salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Satkamling.

“ Pada apel ini juga diserahkan penghargaan kepada pemenang lomba Satkamling  Tingkat Polres TTS,  penghargaan ini sebnagi bentuk ucapan terima kasih Polres TTS serta sebagai bentuk motifasi kepada Sat Poskamling yang lain agar ditingkatkan sat kamlingnya, dikarenakan Sat kamling ini sangat berguna dan membantu sekali tugas-tugas  Polri dalam hal Harkamtibmas”, tutupnya.