70 Personil Gabungan Di Siagakan Lakukan Operasi Patuh Ranaka 2021

70 Personil Gabungan Di Siagakan Lakukan Operasi Patuh Ranaka 2021

Tribratanewstts.com- Sedikitnya 70 Personil Gabungan TNI / Polri / Pemda wilayah hukum Polres Timor Tengah Selatan (TTS) - Polda Nusa Tenggara Timur  (NTT) di Siagakan Ikut Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Ranakah -2021 Senin (20/09/2021) di Halaman Mapolres TTS.

Apel yang  dipimpin langsung oleh kapolres TTS AKBP Andre LIbrian, S.I.K dan sebagai pemimpin apel, Kapolres TTS mebacakan amana Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latief S.H.,M.Hum.

Disampaikan dalam amanatya bahwa,” permasalahan di bidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Hal ini sebagai konsekuensi  dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, yang memelukan alat transportasi sebagi saran mobilitas dalammeemnuhi kebutuhanhidupnya”.

“ Oparasi patuh ini merupakan jenis operasi harkamtibmas yang mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan persuasive serat humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplinmasyarkat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemic Covid-19”, jelas kapolda NTT.

“ Khusus untuk personil Polri ada 6 hal penegasan penting yang harus di perhatikan antara lain:

1.)Melaksanakan Deteksi Dini ,Penyelidikan dan Pemetaan Terhadap Lokasi atau Tempat rawan kemacetan yang memicu pelanggaran dan kecelakaan lalulintas pada titik lokasi penyebaran virus covid 19.

2.)Melaksanakan Pembinaan dan Penyuluhan kepada seluruh masyarakat tentang Kamseltibcarlantas dan bahaya covid 19 melalui sosialisaso spanduk , leaflet,banner,baliho,media cetak,media elektronik,dan media sosial.

3.)Hindari tindakan kontraproduktif yang dapat merusak citra Polri.

4.)Lakukan operasi patuh ini dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat.

5.)Kita wujudkan Kamseltibcar Lantas yang mantap dan pencegahan penyebaran covid 19 dengan meningkat disiplin protokol kesehatan .

6.)Selalu memanjatkan doa agar operasi patuh tahun 2021 yang di laksanakan dapat memberikan dampak bagi masyarakat." Kapolda NTT.   

Sementara itu seusai Apel gelar pasukan,  Kapolres TTS  AKBP Andre Librian,S.I.K dalam keterangan persnya mengatakan bahwa sedikitnya 70 personil gabungan terdiri dari TNI Kodim 1621 /TTS sebanyak 15 personil , Polres Timor Tengah Selatan 30 personil, dari Pemda yakni Sat Pol PP 15 personil ,Dinas Perhubungan 15 personil  ,  terhitung Senin (20/09/2021) akan bertugas melaksanakan kegiatan Operasi Patuh Ranakah selama 14 hari ke depan sejak tanggal 20 hingga tanggal 03 Oktober 2021 pekan depan."Jelas Kapolres Kapolres TTS.

Sasaran Operasi Patuh Ranakah 2021 adalah penertiban lalulintas jalan meliputi pelanggaran disiplin dan administrasi kelengkapan dokumen berupa Sim ,STNK dan kelengkapan dokumen lainnya,namun fokus kita lebih kepada penertiban disiplin dan keselamatan berlalulintas." tambahnya Kapolres TTS.

Saat dilangsir, apel gelar pasukan ditandai dengan penyematan pita biru tanda operasi pada lengan sebelah kiri oleh Kapolres TTS kepada perwakilan personil Polres TTS, Kodim 1621 / TTS , Sat Pol PP Kab. TTS serta personil Dishub Kabupaten TTS.